Mobile Menu

navigasi

More News

Mengapa Formasi bisa berbeda pada setiap media

14.29

 




VariaOlahraga 
- Dalam pertandingan sepakbola, formasi merupakan bagian yang sangat penting dalam permainan ini. Menurut definisi, pada permainan sepakbola formasi merupakan penggambaran secara umum posisi pemain dalam permainan.

Pada siaran pertandingan sepakbola susunan formasi selalu ditampilkan pada awal sebelum mulainya kick-off pertandingan. Namun jika kita memerhatikan, beberapa penampilan susunan formasi dalam siaran dan juga berita tulisan berbeda. Seperti contoh, dalam pertandingan Manchester United melawan Leicester City di perempat final Piala FA.

Dalam siaran yang dilakukan oleh pihak televisi, ditampilkan susunan formasi yang dikeluarkan ialah      4-2-3-1, namun ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwasanya formasi yang diturunkan 4-3-3. Maka dari itu, kita akan membahas bagaimana hal ini bisa terjadi.

Sebelum pertandingan, sebuah tim akan menyetor nama-nama pemain yang akan menjadi starting elven kepada panitia pelaksana atau operator lagadaftar ini disebut dengan team sheet. Tujuan dikirimkan daftar ini agar semua orang mengetahui siapa saja yang akan berlaga diatas lapangan saat itu.

Namun sebuah tim tidak akan menuliskan diatas kertas itu formasi yang akan diturunkan. Hal ini agar taktik yang akan dijalankan tidak diketahui oleh tim lawan, begitu pun sebaliknya.

Maka dari itu formasi yang kita lihat di dalam layar kaca maupun yang di berita belum tentu benar 100%. Hal ini disebabkan kemunculan formasi dalam suatu pertandingan di gambarkan oleh jurnalis pada pertandingan tersebut berdasarkan analisis dan juga pengalman yang ia lakukan.

Kita akan memakai contoh formasi United saat melawan Leicester City pada lanjutan Piala FA dini hari tadi (22/3/2021).

Penampilan Team Sheet Manchester United


Dalam siaran tv ditampilkan bahwa Ole menggunakna formasi 4-2-3-1 dimana Fred dan Matic berfungsi menjadi double pivot dan Pogba serta Greenwood menjadi sayap ditengah. Namun ini bukan formasi baku yang dilakukan.

Pada pertandingan ini justru Pogba dan Fred yang menjadi double pivot dan Greenwood beserta Martial sebagai penyerang utama. Oleh karenanya kita tidak bisa melihat pertandingan tersebut hanya dengan melihat formasi yang ditampilkan di televisi.

Formasi yang ditampilka di TV saat Manchester United melawan Leicester City


Menurut obrolan pada podcast box to box football podcast, formasi yang tampil di televisi digunakan untuk mempermudah pemirsa dalam mengolah dan juga melihat suatu laga.

Maka dari itu, kita bisa belajar bahwasanya formasi itu penting dalam sepakbola. Tetapi permainan ini merupakan permainan yang fluid dan juga dengan tempo tinggi sehingga perubahan formasi dan juga gaya permainan sangat mungkin terjadi. (Penulis: Rifqi Azis/ Sumber : Box2box / Gambar : instagram.com/manutd, Twitter.com/manutd, bbc)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar