Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Olahraga Terkini

latest

Pemerintah akan membentuk Manajemen Talenta Nasional sebagai wadah talenta muda Indonesia

  Varia Olahraga -  Pemerintah akan memberi perhatian kepada anak-anak bangsa dengan talenta olahraga yang unggul melalui program manajemen ...


 

Varia Olahraga - Pemerintah akan memberi perhatian kepada anak-anak bangsa dengan talenta olahraga yang unggul melalui program manajemen talenta nasional.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, bersama dengan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, pada Selasa (30/03/2021)

Seperti yang dilansir pada press release dalam laman resmi kepresidenan, Suharso menyampaikan bahwa desain besar dari manajemen talenta nasional telah ditetapkan kedalam tiga bidang utama.

“Kami sedang menyusun sebuah grand design untuk memastikan manajemen talenta nasional itu bisa terbentuk dan bidang-bidang yang telah kita tetapkan itu menjadi ruang lingkup di dalam manajemen talenta nasional,” ungkapnya ketika dia di Kantor Presiden, Jakarta, selepas mengikuti rapat bersama Presiden Joko Widodo dan jajaran terkait.

Salah satu bidang yang akan dinaungi oleh manajemen talenta nasional dari tiga bidang yang ada ialah bidang olahraga. Pemerintah mengharapkan lahirnya Zohri- Zohri baru dalam berbagai cabang olahraga yang bisa mendapatkan prestasi tingkat dunia. Pada bidang olahraga ini terdapat 14 cabang yang akan menjadi pondasi pemerintah.

“Misalnya di bulu tangkis, panahan, angkat besi yang kita pernah memperoleh medali dan tentu ada lagi di atletik, dayung, juga menjadi kekuatan kita. Renang, senam, taekwondo, dan beberapa lainnya,” lanjutnya.

Rencananya manajemen talenta nasional akan berupaya menyaring bakat dan potensi anak – anak dari keselurahan bidang tersebut, termasuk inovasi riset, seni budaya, dan olahraga. Selanjutnya pemerintah akan secara konsisten membina dan juga memperhatikan kesejahteraan mereka.

“Itulah pentingnya manajemen talenta nasional yang tahapannya tentu mulai dari cara merekrut, mempertahankan, mengembangkan bakat mereka kemudian secara konsisten memberikan intervensi-intervensi baik dalam bentuk pengembangan diri dan kehidupannya, tentu sampai di masa tuanya,” tandas Suharso.

Dikesempatan yang sama, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengungkapkan bahwa manajemen talenta nasional ini telah siap beserta Peraturan Presiden (Perpres) yang juga sudah disiapkan

“Secara utuh grand design sebenarnya sudah jadi. Rencana Perpresnya juga sudah jadi. Tinggal menunggu gongnya dalam tempo yang tidak terlalu lama. Manajemen talenta nasional ini mudah-mudahan bisa segera dioperasionalkan,” pungkasnya. (Penulis: Rifqi Azis/ Sumber: presidenri.go.id)