Mobile Menu

navigasi

More News

Bulan puasa dan sepakbola

16.33


 

Varia Olahraga - Bulan suci Ramadhan sudah dimulai pada hari Senin (12/04/2021) malam. Pada bulan ini seluruh umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah Puasa. Puasa merupakan ibadah individu, dimana para individu diwajibkan untuk menahan hawa nafsu mereka termasuk makan dan minum.

Meskipun sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan, seluruh pertandingan sepakbola di seluruh dunia masih melanjutkan aksinya. Hal ini membuat para pemain muslim yang menjalankan ibadah puasa tetap bermain membela club/negaranya. Dari hal tersebut, terdapat kisah-kisah menarik tentang bulan Ramadhan dan sepakbola.

Kisah pertama datang dari perhelatan Piala Dunia 2018 yang lalu di Russia. Timnas Tunisia yang mayoritas pemainnya beragama muslim dikhawatirkan bakal kesusahan dikarenakan para pemainnya melakukan ibadah puasa. Namun mereka tetap diizinkan untuk beribadah.

“Hampir semua pemain adalah muslim dan mereka adalah muslim yang mempraktikan ibadahnya – mereka puasa dan sholat lima waktu” ucap jurnalius Tunisia, Souhail Khmira, kepada Bleacher Report.

Kisah yang paling diingat ialah ketika mereka bermain pada laga persahabatan jelang Piala Dunia 2018 melawan Portugal dan Turki. Ketika itu kiper mereka Mouez Hassen, pura-pura cedera ketika waktu disana sudah masuk waktu Maghrib (waktu buka puasa) supaya para rekan-rekannya bisa berbuka puasa ditengah pertandingan.

Tentu saja tidak semua pemain muslim yang berpuasa melanjutkan puasanya ketika mereka bermain. Mesit Ozil, seorang pemain yang terkenal muslim yang taat, waktu dirinya bermain untuk Arsenal, ia memilih untuk tidak berpuasa saat ia bermain.

Menurut direktur kesehatan Crystal Palace, dr. Zafar Iqbal, berpuasa ketika melakukan pertandingan sepakbola tergantung dengan pemainnya sendiri. Ia melihat beberapa pemain yang ketika latihan ia berpuasa, namun ketika waktunya pertandingan, mereka tidak Puasa dan mengganti puasanya di lain hari.

Karena banyaknya pemain yang berpuasa ketika bermain, membuat beberapa federasi sepak bola seperti FA aware dengan hal tersebut. Mereka akan rajin memberi informasi kepada manajer dan pelatih sebelum bulan puasa datang. (Penulis: Rifqi Azis/ Sumber: Instagram.com/box2boxbola)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar