Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Olahraga Terkini

latest

Review Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman tumbang dirumah sendiri atas Makedonia Utara

  Varia Olahraga -  Tim Nasional Sepakbola Jerman secara mengejutkan dikalahkan 1-2 di kandang melawan Timnas Makedonia Utara yang merupakan...

 


Varia Olahraga - Tim Nasional Sepakbola Jerman secara mengejutkan dikalahkan 1-2 di kandang melawan Timnas Makedonia Utara yang merupakan tim underdog pada lanjutan matchday ke-3 Kualfikasi Piala Dunia 2022 Grup J Zona Eropa.

Tim asuhan Joachim Low memang tampil kurang memuaskan pada pertandingan ini yang di gelar di MSV-Arena, Duisburg, Jerman, Kamis (1/04/2021).

Formasi yang diturunkan DieMannschaft memang agak sedikti berbeda dari laga sebelumnya ketika mereka mengalahkan Rumania 1-0. Kemungkinan Joachim Low merubah formasi Timnas Jerman dikarenakan padatnya jadwal Kualifikasi yang mengharuskan mereka bermain 3 kali seminggu dan juga menjaga para pemain dari cedera. Pasalnya diakhir pekan para punggawa Timnas sudah kembali ke klub masing – masing untuk melanjutkan Liga yang sedang berlangsung.

Salah satu perubahan yang dilakukan ialah menurunkan TerStegen menggantikan Manuel Neuer. Ini merupakan pertama kalinya Ter Stegen dijadikan starting eleven sejak November 2019.

Makedonia Utara yang berada pada peringkat 65 Fifa bermain sesuai dengan kapasitas. Karena diatas kertas kualitas skuad Makedonia Utara jauh dibawah Jerman, maka mereka bermain sedikit dalam dengan 5 Bek di depan kiper.

Namun dikarenakan kualitas penyerangan Jerman yang standar membuat semua gempuran tim Panzer masih bisa diredam negara yang merubah nama dari Makedonia pada tahun 2019. Namun Makedonia Utara bukan tanpa peluang, tim asuhan Igor Angelovski sedikti demi sedikit membahayakan gawang Ter Stegen. Puncaknya dimenit 40, ketika mantan Striker Inter Milan berusia 37 Tahun, Goran Pandev, mencetak Gol tap-in dan membuat skor menjadi 0-1 untuk Makedonia Utara. Skor bertahan hingga pluit tanda istirahat dibunyikan.

Babak kedua berjalan 15 menit, Jerman berhasil menyamkan kedudukan melalui titik putih setelah Leroy Sane dilanggar di kotak terlarang. Pemain tengah Manchester City, Ilkay Gundogan, berhasil melakukan tugasnya. Skor pun berubah 1-1.

Jerman sebenarnya bisa mengamankan kemenangan pada menit 80, namun sayangnya counter attack yang dilakukan pemain Jerman gagal disempurnakan oleh Timo Werner.

Pada menit 85, pemain Napoli Eljif Elmas membuat mimpi buruk bagi Jerman. Tendangan jarak dekatnya merubah keadaan menjadi 2-1 bagi Makedonia Utara. Skor ini bertahan hingga akhir laga. Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama bagi Jerman di Kualifikasi Piala Dunia sejak tahun 2001. Saat itu Jerman dikalahkan 5-1 oleh Inggris di tahun 2001.



Pelatih Jerman Joachim Low merasa anak asuhnya kurang bugar dan juga banyak melakukan kesalahan.

“Ketika kita bermain cepat kita berbahaya namun kita tidak menemukan cara untuk benar benar mengancam. Secara keseluruhan, (hasil) ini cukup mengecewakan dengan kalah seperti ini dirumah” ungkap Low pada wawancara setelah pertandingan dikutip dari bbc.com

Sementara untuk Makedonia Utara Hasil ini sangat membahagiakan bagi mereka. Igor Angelovski mengungkapkan para pemainnya membuat public Makedonia Utara Bangga.

“Para pemain membuat publik Makedonia Utara bangga karena menang atas 4 kali Juara Dunia dan 3 Kali Juara Eropa. Kita tidak pernah menang melawan Tim dengan gelar sebanyak ini” ujar Igor setelah Pertandingan. (Penulis: RIfqi Azis/ Sumber: BBC)