Mobile Menu

navigasi

More News

Euro 2020: Ceko lolos, Belanda keok dengan 10 pemain

01.51


 

Varia Olahraga - Timnas Belanda secara tak terduga tersingkir pada babak 16 besar Euro 2020, yang mempertemukan mereka dengan Timnas Republik Ceko. Pada pertandingan ini, Belanda harus bermain dengan 10 pemain pada pertengahan babak kedua.

 

Pertandingan yang digelar di Puskas Arena, Budapest pada Minggu (27/06/2021) malam WIB ini berlangsung alot. Belanda yang menerapkan sepakbola menyerang mendapat perlawanan sengit dari Republik Ceko yang bermain rapat pada lini pertahanannya.

 

Berstatus sebagai jawara Grup C, Belanda bermain percaya diri dan langsung menekan pertahanan Republik Ceko sejak menit pertama dimulai. Di menit ke-8, De Light nyaris membuka keunggulan bagi Belanda. Namun tandukannya masih belum tepat sasaran.

 

Selepas itu, Belanda terus menerus mengurung Republik Ceko sehingga mereka tidak mampu keluar dari pertahanannya sendiri.

 

Namun dimenit ke-22, Soucek berhasil memberi harapan bagi Republik Ceko. Namun sundulannya masih tidak menemui target. Hingga babak pertama berekahir, skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

 

Memasuki babak kedua, Belanda tidak mengurangi intensitas serangan mereka dan terus menerus menggempur pertahanan Ceko. Dengan kondisi seperti ini, Ceko tidak bisa berbuat apa-apa untuk bisa mencetak goal, selain melakukan serangan balik cepat.

 

Strategi merapatkan pertahanan dan mengandalkan counter attack sepertinya berhasil. Pada menit ke-55, Ceko yang sedang melakukan serangan balik melalui Schick dihadang oleh Mathij De Light. Namun karena salah posisi, De lIght pun terjatuh dan terlihat bola menyentuh tangan bek berusia 20 tahun tersebut.

 

Melihat kejadian tersebut, wasit memberikannya kartu kuning. Namun dengan bantuan VAR (Video Asistent Referee), wasit melihat adegan kejadian tersebut lagi. Setelah melihat kejadian tersebut, Wasit mengeluarkan kartu merah langsung menggantikan kartu kuning yang ia berikan sebelumnya.

 

Bermain dengan 10 pemain, membuat Belanda menurunkan temponya dan bermain lebih bertahan. Ceko yang melihat potensi unggul pemain mulai berani menyerang.

 

Goal yang dinanti akhirnya tiba. Berawal dari sepak pojok bagi Ceko, Kalas mendapat bola dan menyundul kea rah tengah kotak pinalti. Holes yang berada di sisi tengah mampu mengkonversi bola tersebut menjadi gol melalui sundulan jarak dekat.

 

Sudah unggul jumlah pemain dan kedudukan membuat Ceko bermain lebih monoton dengan lebih merapatkan kembali barisan pertahanan mereka.

 

Di menit ke-80, Ceko berhasil ‘mengakhiri’ perjalanan Belanda dalam Euro 2020. Holes yang mencetak gol pertama tadi berhasil mendapat bola dari tengah lapangan. Tak lama, pemain tengah tersebut menggiring bola hingga memasuki area kotak pinalti Belanda. Melihat posisi Schick yang bebas, Holes melepas umpan tarik dan berhasil dikonversi menjadi gol melalui tendangan keras dari Schick.

 

10 menit sisa waktu yang ada, baik Belanda maupun Republik Ceko tak mampu menambah gol yang ada. Hingga akhir pertandingan, skor 2-0 tetap bertahan.

 

Dengan hasil ini, Ceko berhak melaju ke babak perempat final menghadapi Denmark yang sudah menunggu di Baku, Azerbaijan pada 3 Juli mendatang setelah melumat Wales 0-4. Sementara untuk Belanda, mereka harus pulang lebih awal pada kompetisi ini. (rifqiazis/Reuters,DetikSport)

 

Susunan Pemain

BELANDA: Stekelenburg, Blind (Norman 82'), Van Aanholt (Berghuis 81'), De Vrij, Dumfries, De Ligt, Wijnaldum, De Roon (Weghorst 73'), De Jong, Depay, Malen (Promes 59')

REPUBLIK CEKO: Vaclik, Celutska, Kaderabek, Coufal, Kalas, Holes (Kral 86'), Masopust (Jankto 79'), Sevcik (Hlozek 86'), Barak (Sadilek 90+2'), Soucek, Schick (Kremncik 90+2')

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar