Mobile Menu

navigasi

More News

Euro 2020: Ukraina membuka asa setelah mengalahkan MU

02.51


 

Varia Olahraga - Ukraina memiliki kesempatan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setelah menaklukan tim debutan Makedonia Utara (MU) di Arena Nationala, Bukares, Rumania, Kamis (17/06/2021) malam WIB.

 

Pasukan Andriy Shevchenko ini menang dengan skor tipis 2-1 pada lanjutan kualifikasi Euro 2020. Pada laga sebelumnya Ukraina harus takluk 3-2 atas Belanda.

 

Ukraina yang lebih diunggulkan pada laga ini langsung bermain ‘nge-gas’ sejak menit pertama laga bergulir. Peluang didapat Ukraina pada menit kesembilan lewat tembakan Ruslan Malinovskiy dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa ditepis oleh Stole Dimitrievski.

 

Makedonia Utara bukan tanpa peluang. Peluang terbaik didapat Makedonia Utara di menit ke-16. Umpan silang Boban Nikolov dari sisi kanan gagal dimaksimalkan oleh Eljif Elmas. Tendangannya tidak sempurna dan bola hanya mengenai sisi samping luar gawang.

 

Usaha Ukraina dalam menggempur pertahanan Makedonia Utara akhirnya berhasil di menit ke-29. Berkat skema sepak pojok, Yarmolenko berhasil menaklukan Stole Dimitrievski. Skor kini berubah 1-0 untuk keunggulan Ukraina.

 

Berhasil mencetak gol pembuka membuat negara bekas pecahan Uni Soviet ini semakin percaya diri untuk mengurung tim Makedonia Utara. Lima menit setelah gol pertama, Ukraina berhasil menggandakan kedudukan. Kali ini giliran Roman Yaremchuk yang mencatatkan namanya di papan skor.

 

Lolos dari jebakan offside, Yaremchuk yang mendapat umpan dari Yarmalenko, menggiring bola mendekati kotak penalti dan melepaskan tembakan mendatar yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Ukraina.

 

Makedonia Utara sempat mencetak gol pada menit ke-39 lewat sepakan Goran Pandev. Namun gol dianulir wasit karena Pandev lebih dulu ada dalam posisi offside. Hingga babak pertama berakhir skor 2-0 untuk keunggulan Ukraina.

 

Memasuki babak kedua, Makedonia Utara yang dikomandoi oleh sang kapten Goran Pandev mulai berani melawan. Kerja sama satu dua antara Pandev dan Arijan Ademi menghasilkan peluang untuk Makedonia Utara. Ademi melepaskan tembakan mendatar ke arah pojok bawah gawang, tapi bola ditepis oleh Georgi Bushchan

 

Ukraina yang mendapat tekanan dari Makedonia Utara hanya bisa bermain lebih sabar, karena mereka tahu bahwa mereka sudah unggul 2-0. Namun di menit ke-57 Makedonia Utara mendapat Pinalti karena pelanggaran yang dilakukan oleh Karavaev. Eksekusi penalti Ezgjan Alioski sempat ditepis oleh Bushchan, tapi bola muntah dimanfaatkan pemain Makedonia Utara itu untuk memperkecil ketertinggalan.

 

Ukraina mendapat penalti pada menit ke-84. Wasit menunjuk titik putih usai mengecek VAR. Avramovski dinilai melakukan handball saat memblok tendangan bebas Malinovskiy.

 

Namun, Ukraina gagal memaksimalkannya untuk menambah keunggulan. Eksekusi penalti Malinovskiy bisa diantisipasi oleh Dimitrievski.

 

Hingga laga usai, Makedonia Utara gagal menyamakan kedudukan dan harus puas dengan kekalahan ini. Saat ini Ukraina Utara masih memiliki poin yang sama dengan Belanda dan juga Austria yang baru akan bermain Jum’at dini hari WIB. Sementara untuk Makedonia Utara, peluang akan terbuka apabila Belanda kalah melawan Swiss dan mereka berhasil mengalahkan Belanda di laga terakhir. (rifqiazis/detiksport,Reuters)


Susunan Pemain:


Ukraina: Bushchan, Matvyenko, Zabarnyi, Mykolenko, Karavaev, Zinchenko, Stepanenko, Shaparenko (Sydorchuk 78'), Yarmolenko (Tsygankov 70'), Malinovskiy (Sobol 90+2'), Yaremchuk (Besedin 70')

Makedonia Utara: Dimitrievski, Musliu, Velkoski (Trichkovski 85'), Ristovski, Alioski, Nikolov (Trajkovski 46'), Ademi (Ristevski 85'), Spirovski (Churlinov 46'), Bardhi (Avramovski 77'), Pandev, Elmas

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar