Mobile Menu

navigasi

More News

Euro 2020: Italia menyingkirkan Belgia untuk menuju Semifinal

17.42


 Varia Olahraga - Italia melanjutkan kedigdayaan mereka setelah berhasil menggugurkan timnas Belgia yang merupakan tim dengan predikat peringkat 1 FIFA. Skuad Gli Azzuri berhasil menang 2-1 lewat Barella dan Insigne.

 

Laga perempat final Euro 2020 ini berlangsung terbuka sejak menit pertama pertandingan. Kedua tim sama-sama kuat pada laga yang digelar di Allianz Arena, Munich, pada Sabtu (03/07/2021) dini hari WIB.

 

Belgia langsung mendesak Italia di awal pertandingan, hingga memenangkan sepak pojok. Tapi Italia sigap mengamankan situasi hingga tak berbuah ancaman lebih jauh.

 

Italia yang bermain menekan mendapatkan goal pembuka di menit ke 13. Tendangan bebas Lorenzo Insigne diteruskan oleh Giovanni Di Lorenzo dan didorong oleh Bonucci. Namun sayang, gol tersebut dianulir wasit dikarenakan posisi Bonucci yang offside dan tertangkap VAR.

 

Belgia yang tertekan berusaha untuk bisa melepaskan peluang. Kevin De Brune di menit ke -22 mampu ditepis oleh Donnarumma.

 

Di menit ke-31, Italia akhirnya membuka keunggulan. Barella yang mendapat bola dari Verrati berhasil mengecoh 3 pemain Belgia dan melesakan bola ke jala Thibaut Courtois. 1-0 kini Italia unggul.

 

Di menit ke-44, Insigne menambah keunggulan bagi skuad Gli Azzuri. Bermula dari pergerakannya dari sisi kiri pertahanan Belgia, Insigne yang tak ditekan oleh pemain bertahan Belgia melepaskan tendangan indah dari luar kotak pinalti. Tendangan melengkung Insigne tak mampu dihadang oleh Courtois sehingga bola pun menembus jala kiper Real Madrid tersebut. Skor 2-0 untuk Italia.

 

Setelah semua menganggap Italia unggul 2-0, Belgia mendapat pinalti di menit ke-45. Jeremy Doku yang berlari di sisi kiri kotak pinalti Italia di langgar oleh Di Lorenzo di kotak terlarang. Wasit yang awalnya ragu, mengecek VAR dan memutuskan untuk memberikan hadiah pinalti bagi Belgia. Romelu Lukaku sebagai algojo tak menyianyiakan kesempatannya dan berhasil memperkecil ketertinggalan Belgia menjadi 2-1.

 

Pinalti itu menjadi penutup babak pertama laga ini.

 

Belgia mengawali babak kedua dengan baik, mengontrol permainan. Doku kembali merepotkan Italia di sisi kiri, kecepatannya sulit diatasi oleh Di Lorenzo.

 

Tusukan Doku pada menit ke-55 diakhiri dengan umpan tarik yang dipotong Donnarumma. Bola sempat terlepas, tapi kiper 22 tahun itu mengamankannya sebelum keluar lapangan.

 

Di menit ke-61, Belgia nyaris menyamakan kedudukan. Lukaku yang mendapat kesempatan emas, menembak langsung bola hasil umpan De Brune ke gawang tanpa penjagaan Donnaruma. Namun sayang, Spinazolla hadir menjadi pahlawan bagi Italia dengan halauan bolanya.

 

Belgia terus menekan Italia selama sisa pertandingan. Namun anak asuh Roberto Martinez tersebut tak mampu menghasilkan goal satu pun ke gawang Italia. Hingga akhir laga, Italia berhasi menjaga keunggulan dan berhak melaju ke babak semifinal. Anak asuh Roberto Mancini akan menghadapi Spanyol yang menang melalui drama adu pinalti melawan Swiss pada perempat final pertama. (rifqiazis/detiksport,Reuters)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar