Mobile Menu

navigasi

More News

Euro 2020: Spanyol ke Semifinal

21.42


 Varia Olahraga - Timnas Spanyol berhasil mengatasi perlawanan alot dari Swiss dalam pertandingan perempat final EURO 2020 yang diadakan di stadion Kretovsky, St. Pittersberg, Jum’at (02/06/2021) malam WIB.

 

La Furia Roja berhasil menang melalui drama adu pinalti setelah mengakhiri waktu normal 90 menit dengan skor sama kuat 1-1. Pada babak adu pinalti, Spanyol berhasil menang 3-1 atas Swiss.

 

Spanyol yang menjadi unggulan unggul cepat berkat gol bunuh diri Denis Zakaria di menit ke-8. Jordi Alba yang mendapat bola muntah hasil sepak pojok, langsung menendang bola ke gawang Yann Sommer. Namun tendangan Alba justru mengenai Denis Zakaria. Sommer yang sudah keburu ambil posisi menepis tendangan harus terkecoh karena ulah Zakaria. Bola pun masuk dan skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

 

Kabar menariknya ialah, gol ini sempat menjadi gol Alba sesaat setelah gol ini terjadi. Namun UEFA beberapa saat kemudian mengesahkan gol ini menjadi gol bunuh diri Denis Zakaria.

 

Unggul duluan, Spanyol justru kesulitan menekan Swiss yang bermain solid. Bahkan beberapa kali Swiss berhasil menciptakan peluang melalui skema serangan balik.

 

Namun hingga turun minum, skuad La Furia Roja tetap unggul 1-0 atas Swiss

 

Memasuki babak kedua, Spanyol masih mendominasi jalannya babak kedua. Tapi karena pertahanan Swiss yang sudah diuji ketangguhannya saat menyingkirkan juara Piala Dunia 2018, Francis, membuat anak asuh Luis Enrique menemui titik buntu untuk menggandakan kedudukan.

 

Sementara itu, Swiss masih bisa menyerang lewat counter attack yang membuat lini belakang Spanyol kerepotan. Satu peluang didapat Swiss pada menit ke-56 lewat tandukan Zakaria tapi masih melebar.

 

Gawang Spanyol justru kebobolan di menit ke-69. Berawal dari kesalahan lini belakang Spanyol, Freuler yang mendapat bola langsung mengoper kearah Xhaqiri. Kaget melihat Xhaqiri mendapat bola, pertahanan Spanyol pun terbuka, dan tanpa ampun, pemain Liverpool ini melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau oleh Unai SImon. Swiss pun menyamkan kedudukan menjadi 1-1.

 

Ditengah euphoria Swiss karena berhasil menyamakan kedudukan. Musibah menimpa Swiss ketika Freuler diusir keluar wasit di menit ke-77 setelah menekel keras Gerard Moreno dengan dua kaki.

 

Ungggul jumlah pemain tak mampu di manfaatkan Spanyol untuk unggul. Hingga pertandingan usai, skor masih bertahan 1-1 dan harus berlanjut ke babak Extra Time.

 

Di babak extra time, Spanyol masih saja menemui kebuntuan untuk bisa mencatk gol penentu. Penampilan pertahanan Swiss yang disiplin membuat Sponyol gagal untuk bisa menembus pertahanan Sommer dkk.

 

Hingga 2x15 menit habis, Swiss Spanyol berakhir imbang 1-1 dan laga ini harus ditentukan oleh adu pinalti.

 

Sergio Busquetes yang menjadi penendang pertama gagal menjalani tugasnya karena tendangannya yang membentur mistar. Sementara itu, Gavranovic berhasil membuat Swiss unggul karena ia berhasil mengecoh Unai Simon.

 

Penendang kedua Spanyol, Daniel Olmo berhasil menaklukan Sommer, sementara Schar justru gagal mengeksekusi tendangan pinalti. Kini, kedudukan kedua tim sama imbang.

 

Memasuki tendangan ketiga, tendangan Rodri berhasil dihalau Sommer, begitu pun tendangan Akanji yang berhasil dihalau Sommer.

 

Moreno yang menjadi penendang keempat berhasil membawa Spanyol setelah tendangannya menaklukan Sommer. Sementara Vargas justru gagal dan membuat Spanyol unggul.

 

Oyarzabal yang menjadi penendang penentu bagi Spanyol, berhasil menjalani kewajibannya dan mengantar Spanyol menuju babak Semi Final Euro 2020 dengan skor 3-1 pada babak adu pinalti. (rifqiazis/detiksport,Reuters)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar